top of page
Search
  • bagusbinsugiono

5 Tips Konstruksi Keselamatan untuk Kesejahteraan Pekerja Anda


Tempat kerja konstruksi adalah tempat yang sangat berbahaya untuk menjadi. Ada banyak bahaya keselamatan di setiap sudut. Inilah sebabnya mengapa sangat penting bahwa pekerja di situs-situs ini tahu dan mengikuti aturan keselamatan yang ditetapkan oleh Anda. Untuk menjaga tempat kerja tetap aman, gunakan lima tips bermanfaat ini.


1. Keluar Masuk Peralatan

Percaya atau tidak, salah satu penyebab utama cedera pada operator peralatan masuk dan keluar dari peralatan mereka. Namun, Anda dapat dengan mudah menurunkan risiko pekerja Anda terluka dengan meminta pekerja Anda mengikuti langkah-langkah berikut:

- Periksa sepatu bot dan sarung tangan Anda untuk zat lumpur atau licin dan bersihkan

- Dapatkan kaki atau pegangan tangan sebelum mengangkat diri Anda

- Gunakan tangga langkah jika perlu untuk memastikan Anda dapat memanjat peralatan dengan aman

- Jika Anda membutuhkan bantuan, pastikan untuk bertanya.Tidak ada yang perlu dipermalukan jika Anda membutuhkan uluran tangan.

- Hindari melompat naik atau turun pada peralatan, luangkan waktu Anda


2. Alat Pelindung Diri (APD) Apa yang Harus Dipakai

Penting bagi Anda untuk mengenakan pakaian yang tepat untuk pekerjaan Anda, yang berarti mengenakan perlengkapan pelindung jika perlu.Dalam pekerjaan, Anda harus menyimpan perlengkapan dan alat lain di tempat yang aman dan kering. P3K dan alat pemadam api harus terletak di dekat area kerja dan tersedia.


Jika Anda mengangkat benda berat, Anda harus menggunakan penyangga punggung untuk mencegah kerusakan pada tubuh Anda. Anda juga harus yakin untuk mengenakan sarung tangan dan kacamata di tempat kerja jika Anda menggunakan alat berbahaya . Jika Anda bekerja di area yang ditinggikan dan ada risiko tergelincir dan jatuh, Anda harus mengenakan tali pengaman.


Anda juga harus mengenakan pakaian kaki nonskid, karet jika Anda bekerja di daerah dengan permukaan yang licin.Atau, jika Anda mengangkat benda-benda yang sangat berat. Pastikan untuk menemukan sepatu kaki komposit yang paling nyaman untuk bekerja.


Sangat penting bagi kesehatan Anda bahwa Anda mengenakan masker pernapasan di tempat kerja jika tempat kerja Anda memiliki ventilasi yang buruk jika Anda bekerja dengan racun berbahaya, atau jika Anda berurusan dengan debu konstan atau puing-puing lainnya.


3. Tetap Aman Memuat atau Membongkar Peralatan

Di mana pun Anda bekerja, selalu ada risiko peralatan terguling jika Anda memuat atau membongkarnya. Inilah sebabnya mengapa penting untuk memastikan landai yang Anda gunakan lurus dan dibersihkan. Anda juga harus memastikan untuk mengizinkan banyak ruang antara Anda dan peralatan jika terjadi keadaan darurat.


Pastikan Anda menggunakan rekan kerja lain sebagai spotter sambil membimbing peralatan Anda dan pastikan mesin bersih dari tanjakan sebelum memutarnya. Namun, Anda juga harus memastikan dek trailer dan Anda memiliki izin yang tepat sebelum memuatnya, selain menggunakan prosedur tie-down yang benar.


4. Bahaya Tangga dan Tangga Mendaki

Setiap pekerja yang sering menaiki tangga atau tangga selama proyek harus mengambil tindakan pencegahan khusus ini. Pekerja harus selalu memeriksa tangga atau tangga sebelum mereka menginjak mereka.Periksa bintik-bintik yang rusak, longgar, usang, lemah, dan rusak. Hindari berdiri di area ini dan beri tahu mandor masalah keselamatan ini.Tangga dan tangga harus dijaga kebersihannya, tidak berantakan, dan kering. Pekerja tidak boleh menggunakan tangga logam dalam kondisi hujan atau basah.


Ketika Anda bisa, pilih lift udara dan platform yang ditinggikan karena ini lebih aman daripada berdiri dan menyeimbangkan di tangga.Selain itu, Anda harus menginstal fitur keselamatan seperti garis peringatan, pagar pembatas dengan papan temak, dan sistem garis kontrol.


Ketika Anda menggunakan tangga, Anda harus memilih satu keluar yang setidaknya tiga hingga empat kaki lebih tinggi dari lokasi yang perlu Anda jangkau.Anda juga harus memastikan Anda menghitung jarak dengan hati-hati. Untuk setiap empat kaki tingginya, scoot pangkal tangga keluar kaki dari dinding.Pastikan untuk memindahkan tangga saat Anda bekerja. Jangan mencoba untuk berlebihan karena Anda dapat dengan mudah kehilangan keseimbangan Anda dan terluka. Saat memanjat dan turun, bebaskan tangan dan alat-alat Anda di sabuk alat Anda.


5. Area Kerja Yang Ramai

Ketika datang ke frustrasi tempat kerja konstruksi, berkerumun di area kerja adalah salah satu yang terbesar. Ini terutama masalah dengan mesin besar. Orang-orang di lokasi kerja berkumpul untuk menonton mesin besar bekerja.Biasanya, tidak ada alasan untuk ini; itu hanya kebiasaan. Namun, itu meningkatkan paparan cedera yang tidak perlu.


Jika seseorang bekerja dengan mesin besar, orang-orang di tanah harus tetap jauh dari area operasi. Mandor harus menegakkan aturan ini dan meninjaunya pada setiap pertemuan keselamatan.Bukan tanggung jawab operator untuk memastikan orang-orang tetap kembali saat mereka mencoba bekerja.Namun, mereka dapat berbunyi klakson mereka untuk memperingatkan orang lain ketika mereka akan mulai bekerja. Mereka juga harus yakin untuk memeriksa lebih dekat di belakang mereka ketika mereka mencadangkan.


Kesimpulan

Dengan mengikuti lima tips di atas, Anda dapat memastikan bahwa lokasi konstruksi Anda adalah tempat yang aman dan efisien. Ini hanya beberapa saran untuk keselamatan di tempat kerja; ada lebih banyak pertimbangan yang harus Anda perhitungkan ketika mencoba melindungi pekerja Anda.Namun, tidak peduli apa yang Anda lakukan dan perubahan apa yang Anda buat, keselamatan harus selalu menjadi prioritas pertama Anda.


Info mengenai produk alat safety kunjungi: Pusat Alat Safety

7 views0 comments

Recent Posts

See All
Post: Blog2_Post
bottom of page